Dalam ruang lingkup IE, manajemen Quality memang menjadi masalah tersendiri di mata para karyawan dan begitu pentingnya kualitas dari segi manajemen pun menomer satukan dengan slogan "ZERO DEFECT" pertanyaannya, bagaimana alur cara kita mengatasi masalah yang ada di lapangan? Yuk simak.
Sebuah masalah dapat dipecahkan melalui tujuh langkah :
1. Masalah : Identifikasi masalah
2. Observasi Masalah: Mengenali jenis masalah.
3. Analisa Masalah : Menemukan penyebab utama.
4. Tindakan : Tindakan untuk menghilangkan penyebab.
QC Story
5. Memeriksa Hasil / Check : Mengkonfirmasi keefektifan tindakan.
6. Standarisasi : Menghilangkan penyebab masalah secara permanent.
7. Rencana Selanjutnya : Review improvement yg sudah dilakukan & merencanakan tindakan improvement berikutnya.
Nah bagaimana? Semoga bermanfaat ya.